SESEORANG DIANGGAP KAFIR/MURTAD

by Unknown , at 18.08 , has 0 komentar

Menurut Dr. ‘Abdurrahman al-Maliki, seorang muslim bisa jatuh kafir dengan empat indikasi berikut ini, (1) dengan keyakinan [i’tiqad], (2) dengan keraguan[syak], (3) dengan perkataan [al-qaul], (4) perbuatan.

        Pertama, dengan keyakinan.  Ini bisa dilihat dari dua sisi; (a) menyakini dengan pasti sesuatu yang berlawanan dengan apa yang diperintah, atau yang dilarang.  Semisal menyakini, bahwa Allah memiliki sekutu.  Menyakini bahwa al-Quran bukanlah Kalamullah. (b) mengingkari sesuatu yang sudah ma’lum dalam masalah agama.  Semisal mengingkari jihad, mengingkari keharaman khamr, mengingkari hukum potong tangan, dll.

        Kedua, keraguan dalam ber’aqidah, dan semua hal yang dalilnya qath’iy. Misalnya, ragu bahwa Allah itu satu; ragu bahwa Mohammad saw adalah Rasulullah; atau ragu tentang sanksi jilid bagi pezina ghairu muhshon

        Ketiga, dengan perkataan yang jelas, tidak perlu ditafsirkan atau dita’wilkan lagi.  Semisal, seseorang yang mengatakan bahwa ‘Isa adalah anak Allah, Mohammad bukan nabi, dll.  Sedangkan perkataan yang masih belum jelas, atau masih perlu dita’wilkan maka tidak memurtadkan pengucapnya.  

        Keempat, dengan perbuatan yang jelas tanpa perlu ta’wil lagi.  Semisal, menyembah berhala, melakukan misa di gereja dengan tata cara misa ala gereja, sembahyang di Pura atau Wihara dengan ritual Hindu, dll.  Sedangkan perbuatan yang belum jelas, tidak mengkafirkan pelakunya.  Seperti masuk ke gereja, membaca Injil, dll. 
SESEORANG DIANGGAP KAFIR/MURTAD
About
SESEORANG DIANGGAP KAFIR/MURTAD - written by Unknown , published at 18.08, categorized as Aqidah . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply