PERKATAAN BAIK DALAM ISLAM

by Unknown , at 03.03 , has 0 komentar
Perkataan yang baik adalah yang disukai Allah. Sebaliknya, perkataan yang buruk adalah yang dibenci-Nya. Perkataan yang baik adalah perkataan yang mengandung kebenaran dan manfaat. Setiap orang diwajibkan untuk berkata yang benar dan tidak boleh berbohong. Orang harus jujur dalam perkataannya! Selain itu, setiap perkataan harus mengandung manfaat. Kalau sekiranya seseorang mengetahui bahwa perkataannya tidak akan membawa manfaat, bahkan akan menimbulkan mudharat atau bahaya, maka wajib perkataan tersebut wajib ditinggalkan.

مَن كَانَ يُرِيدُ الْعِزَّةَ فَلِلَّهِ الْعِزَّةُ جَمِيعاً إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ وَالَّذِينَ يَمْكُرُونَ السَّيِّئَاتِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَكْرُ أُوْلَئِكَ هُوَ يَبُورُ
Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nyalah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras. Dan rencana jahat mereka akan hancur. (Q, s. Fathir / 35:10)

Zaman ini$ --rasa-rasanya-- susahnya menemukan orang yang berkata baik sama dengan mudahnya menemukan orang yang berkata buruk. Sepertinya semakin sedikit saja orang yang mampu mengendalikan lidahnya. Banyak contoh orang yang menderita atau apes akibat perkataannya sendiri. Betapa banyak orang yang tergelincir karena lisannya. Itulah sebabnya, mengapa dalam Islam dikatakan,

سَلاَمَةُ الإِنْسَانِ فِى حِفْظِ اللِّسَانِ
Keselamatan seseorang tergantung pada bagaimana menjaga lisannya.

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلاً كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَآءِ. تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا وَيَضْرِبُ اللَّهُ الأَمْثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ. وَمَثلُ كَلِمَةٍ خَبِيثَةٍ كَشَجَرَةٍ خَبِيثَةٍ اجْتُثَّتْ مِن فَوْقِ الأَرْضِ مَا لَهَا مِن قَرَارٍ. يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُواْ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ وَيُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَآءُ
Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit. Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun. Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki. (Q, s. Ibrahim/14:24-27)

Bagi orang mukmin menjaga lisan adalah bagian dari sikap hidupnya. Orang muslim, yang benar-benar muslim, bukan muslim musiman atau muslim KTP, ia hanya akan berkata yang baik-baik saja dan meninggalkan semua perkataan yang buruk. Jika masih didapati ada orang muslim yang berkata tidak baik, maka keislamannya belum dapat dikatakan sempurna.
Memang, sebetulnya kemampuan berkata baik itu termasuk hidayah dari Allah S.w.t. Artinya orang yang mampu berkata baik, maka ia sedang mendapat hidayah dari Allah S.w.t.

وَهُدُواْ إِلَى الطَّيِّبِ مِنَ الْقَوْلِ وَهُدُواْ إِلَى صِرَاطِ الْحَمِيدِ
Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik dan ditunjuki (pula) kepada jalan (Allah) yang terpuji. (Q, s. al-Hajj/22:24)

Dalam hadits Nabi S.a.w juga disebutkan:

ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخرِ فلْيَقُلْ خيراً أو ليَصمُت (رواه البخاري)
Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaknya ia berkata yang baik-baik saja, atau (kalau tidak bisa berkata baik) lebih baik diam. (HR. Bukhari)  


PERKATAAN BAIK DALAM ISLAM
About
PERKATAAN BAIK DALAM ISLAM - written by Unknown , published at 03.03, categorized as Akhlak , Belajar islam . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply