Menyederhanakan Makan & Minum serta Memperbanyak Olahraga

by Unknown , at 01.31 , has 0 komentar


Sederhana Dalam Makan dan Minum

Seorang Muslim akan senantiasa berusaha agar tubuhnya selalu sehat dan kuat. Dia tidak berlebih-lebihan dalam makan dan minum, dia akan makan makanan yang dapat menguatkan tulang-tulangnya dan memelihara kesehatan, kekuatan dan keseimbangan tubuhnya, dengan bercermin pada firman Allah Idalam Al-Quran :

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلاَ تُسْرِفُوا إِنَّهُ لاَ يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

http://muhakbarilyas.blogspot.com/“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al A’raaf : 31).

Rasulullah r sendiri telah memberikan petunjuk mengenai kesederhanaan dalam makan dan minum ini melalui sabdanya :

مَا مَلأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ أُكُلاَتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ كَانَ لاَ مَحَالَةَ فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

“Tidak ada seorang pun dari manusia ini yang mengisi bejana yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah baginya beberapa suapan yang dapat meluruskan punggungnya.  Tetapi apabila dia harus melakukannya juga, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk pernafasan”.  ( [1])

Sedangkan Umar bin Khaththab t mengatakan : “Hindarilah oleh kalian kekenyangan dalam makan dan minum, karena sesungguhnya ia dapat merusak tubuh dan mendatangkan penyakit, dan menyebabkan malas dalam menjalankan shalat. Hendaklah kalian berlaku sederhana dalam makandan minum, karena sesungguhnya hal itu akan lebih baik bagi tubuh dan jauh dari pemborosan. Sesungguhnya AlIah sangat membenci orang yang besar dan gemuk, dan tidaklah seseorang akan celaka sehingga dia mendahulukan syahwatnya atas agamanya”. ( [2])

Orang Muslim akan senantiasa menjauhkan diri dari berbagai macam narkotik, hal-hal yang membahayakan, apalagi hal-hal yang diharamkan. Cepat tidur dan cepat pula bangun, dan tidak minum obat kecuali dalam keadaan sakit. Setiap dari disiplin hidupnya ini akan membantunya dalam mewujudkan kesehatan dan semangat yang alami.

Selain itu dia juga mengetahui bahwa mukmin yang kuat lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah, seperti yang ditetapkan Rasulullah r  dalam haditsnya. Oleh karena itu, dia senantiasa memperkuat tubuhnya dengan cara teratur dan sehat dalam kehidupannya.

2. Rajin Berolahraga
Seorang Muslim, miskipun memiliki badan yang sehat dan kuat, karena terhindar dari makanan dan minuman yang membahayakan dan haram, juga karena kesungguhannya menjauhkan diri dari kebiasaan-kebiasaan buruk, misalnya begadang yang berlebihan yang dapat berakibat tidak baik bagi tu­buh, akan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memperkuat badannya. Tidak cukup baginya hanya dengan cara-cara alami yang telah dijadwalkan, tetapi dia senantiasa berolahraga yang sesuai dengan tubuh dan keseimbangannya, usia dan lingkungan sosialnya, dan yang dapat menambah kekuatan, semangat, dan kekebalan tubuh. Untuk itu dia membuat jadwal yang tidak akan dilanggar, supaya latihan-latihan tersebut memberikan manfaat bagi tubuhnya. Semuanya itu dilakukannya dengan penuh kesederhanaan,keseimbangan, dan disiplin yang menjadi kebanggaan orang Muslim kapan dan di mana saja.





( [1]) Hadits ini hasan. Diriwayatkan Ahmad, Tirmidzi, dan Iain-Iainnya, dan dishahihkan oleh AI-Hakim
( [2]) Al-Kanzu a1-Kabir, VIII/48. Lihat juga artikel yang berjudul Madharual-Tasyabbu a1-Mu-frith alaa al-Jisrn wa al-Aql wa aI-Nafs (Bahaya kenyang bagi tubuh, akal danjiwa), yang ditulis oleh Dr. Thayyib Muhammad Nadhzim Nasimi, di majalah Hadharatu al-Islam, dua edisi, V dan Vl, tahun 15
Menyederhanakan Makan & Minum serta Memperbanyak Olahraga
About
Menyederhanakan Makan & Minum serta Memperbanyak Olahraga - written by Unknown , published at 01.31, categorized as Akhlak , Hidup Islami . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply