Khulafah al-Rasyidin, Islam dan Dinamikanya

by Unknown , at 07.54 , has 0 komentar
Masa  Khulafah  al-Rasyidin  mulai  oleh  Abu  Bakar  yang  berkuasa tahun  632-634  M.  Pemerintahan  Abu  Bakar  yang  singkat  habis  untuk menyelesaikan   persoalan   dalam   negeri,   terutama   tantangan   yang ditimbulkan   oleh   suku-suk Arab   yang   tida mau   tunduk   pada Madinah.   Merek menganggap   bahwa   perjanjian   yang   dilakukan hanya    dengan    Nabi,    sehingga    secara    otomatis    batal    dengan meninggalnya  Nabi.  Abu  Bakar  menyelesaikan  ini  dengan  apa  yang dikenal sebagai perang riddah (perang melawan kemurtadan).

Pemerintahan  yang  dijalankan  Abu  Bakar  mengikuti  apa  yang terjadi   pada   masa   Nabi,   bersifat   sentralistik,   dimana   kekuasaan legislative,  eksekutif  dan  yudikatif  terpusat  di  tangan  khalifah.  Abu Bakar  sendiri  yang  diangkat  khalifah  dengan  baiat  menyebut dirinya sebagai khalifah al-nabi (pengganti nabi).1

Umar  ibn  Khathab  menggantikan  Abu  Bakar  lewat  penunjukan langsung,   berkuasa   tahun   634-644   M.   Masa   ini   ekspansi   Islam pertama  terjadi.  Syiria,  Palestina,  sebagian  besar  Persia  dan  Mesir jatuh  dalam  kekuasaan  Islam.  Luasnya  wilayah  kekuasaan  memaksa Umar   untuk   membangun   system   pemerintahan   dan   administrasi negera.  Dalam  hal  ini,  ia  mencontoh  adiministrasi  yang  berkembang di   Persia.   Administrasi   pemerintahan   dibagi   menjadi    propinsi: Makkah,  Madinah,  Syiria,  Jazirah,  Basrah,  Kufah,  Palestina  dan  Mesir. Departemen-departemen    ditingkat    pusat    juga    dibentuk,    seperti keuangan,  pekerjaan  umum  dan  pengadilan.  Umar  yang  menyebut dirinya  sebagai  amir  al-mukminin  (komandan  orang  beriman)  juga membentuk bait al-mal, menempa mata uang dan menciptakan tahun hijrah,   menerapkan   syste gaji   dan   pajak   tanah.   Dalam   bidang hokum,  untuk  pertama  kalinya  system  ghanimah  (pembagian  harta rampasan  perang  sesuai  dengan  ajaran  al-Qur’an  dan  Sunnah)  tidak diberlakukan dan diganti dengan system gaji.2

Ustman  ibn  Affan  yang  berkuasa  setelah  Umar  dipilih  dengan system   formatur   yang   terdiri   atas    orang;   Utsman,   Ali,   Thalhah, Zubair,  Sa’ad  ibn  Abi  Waqash  dan  Abd  Rahman  ibn  Auf.  Pada  paruh pertama   kekuasaannya   yang   panjang,   tahun   644-655   M,   Ustman meneruskan  politik  Umar  melakukan  ekspansi  ke  luar.  Menaklukkan Armenia, Tunisia, Cyprus, Rhodes dan yang tersisa dari wilayah Persia. Dalam  keilmuan,  Utsman  pertama  kali  yang  membukukan  al-Qur’an yang    dikenal    dengan    mushaf    utsmani    sampai    sekarang,    untuk membakukan system pembacaan  al-Qur’an yang mulai berbeda-beda saat itu sesuai dialek wilayah masing-masing.

Akan   tetapi,   setelah   itu,   Utsman   tampak   mulai   tidak   dapat mengendalikan    ambisi    politik    keluarganya    (Bani    Umaiyah)    dan mengangkat  mereka  sebagai  pejabat-pejabat  penting  dan  “basah”. Parahnya,    Utsman    juga    mengklaim    diri    sebagai    khalifah    Allah (pengganti   Allah)   bukan   khalifah   al-nabi   sebagaimana   Abu   Bakar, sehingga  memberi  kesan  dictator  dan  berkuasa  penuh.  Perubahan politik     Ustaman     ini     kemudian     menimbulkan     kekecewaan     dan ketidakpuasan   di   kalangan   shahabat   dan   kebanyakan   masyarakat, sehingga      melahirkan      pemberontakan      dan      berpuncak      pada terbunuhnya Utsman.3

Ali  ibn  Abi  Thalib  yang  dibaiat  setelah  Utsman  berkuasa  tahun 655-660  M.  Masa  pemerintahan  Ali  penuh  dengan  gejolak  sebagai warisan  dari  system  sebelumnya dan  dampak  kebijakan  radikal  yang diterapkan  Ali.  Ali  memecat  para  gubernur  yang  diangkat  Utsman, menarik     kembali     tanah-tanah     yang     dihadiahkan     Utsman     dan mengembalikan  kepada  negara,  menerapkan  system  pajak  tahunan dan   menghilangkan   tunjangan   shahabat.   Gejolak   pertama   adalah pemberontakan  yang  dilakukan  Aisyah,  Zubair  dan  Thalhah, sedang yang  kedua  pemberontakan  yang  dilakukan  oleh  Muawiyah  ibn  Abi Sofyan,   keluarga   dan   gubernur   Syiria   yang   diangkat   Utsman.   Dua pemberontakan  ini  memberikan  dampak  teologis  yang  serius.  Ketika Aisyah  bertempur melawan  Ali,  sebagian  shahabat  seperti  Abd  Allah ibn     Umar     tidak     dapat     mengambil     sikap     dan     menyerahkan keputusannya  kepada  Allah,  karena  keduanya  adalah  keluarga  Nabi. Aisyah   adalah   istri   Nabi   yang   berarti   ummul   al-mukminin   (ibunya orang  mukmin)  sedang  Ali  adalah  menantu  dan  orang  yang  sangat dekat   dengan   Nabi.   Sikap   abstain   sebagian   shahabat   inilah   yang kemudian       berkembang       menjadi       Murjiah.       Sementara       itu, pertempuran  Ali  melawan  Muawiyah  melahirkan  tiga  aliran  teologi besar   dalam   Islam.   Mereka   yang   membela   Ali   kemudian   menjadi Syiah,   yang   mendukung   Muawiyah   menjadi   Jama’ah   atau   Sunni, sedang yang tidak puas dengan keduanya menjadi Khawarij.4

1 Hasan Ibrahim Hasan, Sejarah dan Kebudayaan Islam, (Yogyakarta, Kota Kembang, 1989), 34-37.
2 Syibli Nukman, Umar Yang Agung, (Bandung, Pustaka, 1981), 264-276
3 A Amin, Islam dari Masa ke Masa, (Bandung,Rusyda, 1987), 87. Tentang perubahangelar khalifah Ustman dan reaksi shahabat, lihat Mahmoud Ayub, The Crisis of Muslim History, (Bandung, Mizan, 2004).
4   Hasan IbrahimHasan, Sejarah dan KebudayaanIslam, 58-62. Untuk perkembangan awal empat aliran teologi
Islam ini, lihat Louis Gardet dan Anawati, Falsafah al-Fikr al-Dini, I, (Beirut, Dar al-Ilmi, 1987), 50 dan seterusnya

Khulafah al-Rasyidin, Islam dan Dinamikanya
About
Khulafah al-Rasyidin, Islam dan Dinamikanya - written by Unknown , published at 07.54, categorized as Belajar islam . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply