KAPAN DAN BAGAIMANA PUASA RAMADHAN DIWAJIBKAN

by Unknown , at 09.46 , has 0 komentar
Puasa Ramadhan wajib dikerjakan setelah terlihatnya hilal, atau setelah bulan Sya'ban genap 30 hari. Puasa Ramadhan wajib dilakukan apabila hilal awal bulan Ramadhan disaksikan oleh seorang yang dipercaya. (HR. Muslim, Abu Dawud). Sedangkan awal bulan Syawwal ditentukan dengan kesaksian dua orang yang dipercaya. (HR. Muslim).

صُوْمُوْا لِرُؤْيَتِهِ وَ أَفْطِرُوْا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوْا شَعْبَانَ ثَلاَثِيْنَ

“Puasalah karena kalian melihat hilal, dan berbukalah karena melihat hilal, jika kalian terhalang awan, sempurnakanlah bulan Sya’ban tiga puluh hari.”
 (HR. Bukhary dan Muslim)

Lamanya puasa Ramadhan adalah sebulan atau kalau dengan perhitungan hari bisa 29 dan 30 hari sesuai dengan perhitungan falak atau nampaknya bulan / hilal.

Waktu puasa Ramadhan ialah dari mulai terbit fajar shadiq hingga terbenam matahari, sebagaimana firman Allah U  :

فَلآنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللهُ لَكُمْ وكُلُوْا وَاشْرَبُوْاحَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ اْلأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلىَ اللَّيْلِ  

“…maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa-apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam ” (QS. Al Baqoroh : 187)
KAPAN DAN BAGAIMANA PUASA RAMADHAN DIWAJIBKAN
About
KAPAN DAN BAGAIMANA PUASA RAMADHAN DIWAJIBKAN - written by Unknown , published at 09.46, categorized as PUASA RAMADHAN . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply